Kamis, 18 Juni 2009

Kisah seorang Pengawas Ujian Nasional

Dua hari menjadi pengawas ujian nasional SMA bagi saya sangat makan hati. Segala perasaan sebagai guru menjadi campur aduk,antara yang kasihan melihat beban psikologis anak juga perasaan tanggung jawab profesional sebagai pengawas. Kebetulan saya menjadi pengawas di salah satu SMA swasta. Seperti kebanyakan siswa-siswa di sekolah yang lain,betapa menakutkan dan menegangkan ketika anak IPS sekolah tersebut harus mengerjakan soal matematika. Tahun ini untuk pertama kalinya mata pelajaran matematika menjadi mapel ujian nasional. Banyak siswa IPS yang dahulu memilih jurusan IPS hanya karena menghindari matematika meskipun di program IPS tetap ada sampai kelas XII,namun tahun-tahun sebelumnya tidak diujiankan nasional.

Selama dua jam menjadi pengawas bersama satu pengawas yang lain ,saya sangat menderita. Satu jam pertama saya berusaha mengendalikan perasaan saya yang sedang berkecamuk. Bagaimana mungkin,secara vulgar mereka saling memberikan jawaban meski tipe soal beda A dan B ( kata anak-anak soalnya antara A dan B mirip hanya nomernya beda) mereka dengan cueknya tengok kanan kiri. Kami sudah berusaha memperingatkan tapi seakan mereka tidak peduli pada para pengawas. Kami masih berusaha sabar karena beban psikologis mereka. Namun apakah karena kami memahami beban tersebut justru sikap kami menjadi permisif? Seperti anak kecil yang berbuat kesalahan,kita jarang mau berkata jujur bahwa itu salah. Kita dengan mudah memaafkan mereka karena menyadari bahwa mereka masih kecil. Apakah anak-anak itu minta dikasihani oleh para pengawas dengan membiarkan berbuat seenaknya?

Akhirnya ketika waktu hampir habis,30 menit kami tegas saja. Bukan berarti pengawas diam itu berarti mereka bebas seenaknya. Saya sempat menatap mata salah seorang siswa yang dari awal sibuk cari-cari jawaban. Alhasil malah saya yang gantian dipelotin oleh dia. Saat itu sungguh saya merasa dilema menjadi seorang pengawas ujian. Kami sebagai pengawas pun tidak hilir mudik kesana kemari. Selama satu setengah jam kami duduk manis. Kurang lima menit waktu habis,lembar jawab siswa yang duduk di depan meja guru,masih banyak yang belum diisi. Saya sempat iba karena jelas dia tidak bisa seenaknya seperti teman yang lain meminta jawaban kepada teman. Ketika bel tanda berakhir saya meminta mereka untuk meninggalkan tempat ujian tapi beberapa anak berteriak ”sebentar Buk….” saya berpikir positif bahwa mereka memang butuh waktu untuk menghitamkan jawaban namun di pihak lain kesempatan itu digunakan untuk meminta jawaban secara vulgar. Saya sempat ”gilapen” apa-apaan ini. Akhirnya dengan menepuk-nepuk meja saya menghalau siswa yang sengaja mengambil jawaban teman.

Pulang mengawasi ujian,saya menitikan air mata. Saya tidak mengira kejadian tadi yang disebut ujian nasional. Mengapa anak-anak menyikapi kegalauan dan kekuatiran tidak lulus dengan sikap yang negatif? Mengapa kami para pengawas seakan-akan dihimbau pengertiannya untuk memahami situasi berat ini dengan memberi kelonggaran kepada mereka. Kami melihat sesuatu yang sangat menyakitkan dalam proses belajar namun kami seakan tidak punya power. Kami harus berdamai dengan situasi,kooperatif dengan mereka. Hati nurani saya tersiksa.

Saya tidak menduga,malam harinya saya ditelfon kepala sekolah saya dan diingatkan jangan terlalu serius menjaga ujian. Kalau melihat anak-anak yang saling memberi jawaban,pura-pura tidak tahu saja. Saya cukup kaget karena saya harus berkompromi dengan sesuatu yang bertentangan dengan hati nurani saya. Saya mohon kepala sekolah mencari pengganti pengawas yang sekiranya bisa kooperatif. Tetapi permohonan saya tidak dikabulkan hanya dijanjikan tahun depan saya tidak akan diusulkan jadi pengawas karena kebetulan mapel saya Bahasa Indonesia karena biasanya di tempat kami tidak punya tugas mengawasi. Hanya karena ada beberapa teman yang mengikuri prajabatan maka saya dan dua orang menggantikannya.

Hari kedua,sebelum masuk ke ruangan ,panitia mengingatkan kepada para pengawas untuk tidak terlalu galak. Sejak tadi malam saya menduga pasti panitia mendapatkan laporan anak-anak(meski belum tentu benar laporan mereka) dan menghubungi kepala sekolah saya. Saya memaksakan diri datang meski setengah hati mengingat perintah kepala sekolah saya untuk menjaga hubungan dengan sekolah lain. Saat briefing ,para pengawas dimohon kerelaannya untuk menciptakan suasana sejuk ,mbok yang familiar dengan anak-anak. Kasihan anak-anak yang dapat pengawas yang sungguh-sungguh bekerja,ketika mengatakan hal itu panitia tersebut sebenarnya sambil guyon tapi bagi saya sangat menyakitkan hati.

Saya heran dengan pernyataan itu, artinya ketika pengawas bekerja sesuai ketentuan malah dianggap merugikan anak-anak. Saya jadi apatis,percuma juga kalau saya ingin menjelaskan kepada panitia situasi yang terjadi kemarin karena menurut saya mereka tidak butuh argumen saya,yang mereka butuhkan ya
guru-guru yang kooperatif dan krompromis.

Hari kedua saya lalui tanpa kesan karena saya menjadi begitu cuek jadi pengawas. Teman pengawas yang lain juga banyak yang merasakan seperti saya,sikap mereka ”porah-porah” artinya terserah aja deh.. Ternyata anak-anak tidak hanya saling ngobrol,mereka sungguh tidak punya malu lagi. Bahkan sobekan kertas saling dilempar. Gambaran tentang pendidikan di Indonesia tergambar sangat jelas di hadapan saya. Mengapa yang namanya ujian nasional mengajari orang bersikap tidak jujur. Kepanikan tidak hanya dirasakan murid tetapi guru sehingga guru pun menjadi begitu tegang. Akibatnya menyerah kalah dengan membiarkan dan memberi kelonggaran anak-anak saling memberi jawaban. Kasihan,biarkan saja…..

Beberapa tahun yang lalu di salah satu SMA pinggiran di kota saya,mobil milik pengawas ujian sengaja dirusak oleh anak-anak yang merasa dirugikan karena tidak bisa minta jawaban teman gara-gara diawasi oleh pemilik mobil tersebut. Kekanak-kanakan dan sungguh tidak dewasa,ironis sekali. Mengapa guru-guru menjadi mudah menyerah, dan gentar dengan sikap anak-anak yang cenderung anarkis? Kadang kesannya guru jadi cari amannya sendiri dengan berkompromi membiarkan segala tingkah polah anak-anak ketika ujian. Sungguh dilematis menjadi pengawas ujian nasional…

8 jenis kecerdasan pada manusia

Menurut pengamatan saya secara pribadi, UAN (atau yang kita sering sebut sebagai UJian Nasional) di Indonesia yang sekarang diterapkan adalah pengukur kemampuan siswa/i Indonesia. TAPI yang dipusatkan oleh pemerintah disini adalah kecerdasan di bidang Logical Smart (Matematika) dan Linguistic Smart (Bahasa). Dan yang lebih mengejutkan lagi, pada tahun ajaran 2007/2008, pemerintah Indonesia menetapkan penambahan pelajaran(Geografi, Ekonomi, dan Sociology untuk jurusan IPS dan Fisika, Kimia dan Biologi untuk jurusan IPA). Dan yang lebih mengejutkan adalah wacana penambahan pelajaran lagi untuk tahun ajaran (2007/2009) ini, yakni PPKn dan Sejarah. Walaupun masih berbentuk wacana, tapi ini sudah membuat para siswa SMA ketakutan setengah mati. Berita itu pun dibumbui lengkap dengan naiknya standar kelulusan. Apalagi dengan santernya kabar angin bahwa ujian nasional akan dimajukan ke bulan Februari diakibatkan karena bentrok dengan waktu Pilpres untuk tahun 2009-2012 mendatang.

Saya tidak menyalahkan atau melakukan offense ke pemerintah. Tapi yang sangat sayangkan adalah pemerintah tidak menggali kecerdasan anak-anak Indonesia secara lebih dalam. Dengan UAS, pemerintah menganggap semua anak di Indonesia memiliki jenis kecerdasan yang sama. Dan apakah, dengan cara ini, kita bisa tau bahwa anak Indonesia benar-benar "berkualitas" atau tidak.

Mari kita bahas mengenai kecerdasan. Sampai saat ini, kecerdasan yang baru ditemukan berjumlah 8. Tuhan Maha Besar, kita pasti meyakini, bahwa manusia memiiki lebih dari 8 jenis kecerdasan yang diciptakan Yang Maka Kuasa.

Menurut Prof. Howard Gardener seorang ahli riset dari Amerika, terdapat 8 jenis kecerdasan pada manusia, yaitu:

1. KECERDASAN LINGUISTIK

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi.

2. KECERDASAN LOGIK MATEMATIK

Kecerdasan logik matematik ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal). Ia suka angka, urutan, logika dan keteraturan. Ia mengerti pola hubungan, ia mampu melakukan proses berpikir deduktif dan induktif. Proses berpikir deduktif artinya cara berpikir dari hal-hal yang besar kepada hal-hal yang kecil. Proses berpikir induktif artinya cara berpikir dari hal-hal yang kecil kepada hal-hal yang besar.

3. KECERDASAN VISUAL DAN SPASIAL

Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Visual artinya gambar, spasial yaitu hal-hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Kecerdasan ini melibatkan kesadaran akan warana, garis, bentuk, ruang, ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Kecerdasan ini juga melibatkan kemampuan untuk melihat obyek dari berbagai sudut pandang.

4. KECERDASAN MUSIK

Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Musik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kemampuan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang.

Telah di teiliti di 17 negara terhadap kemampuan anak didik usia 14 tahun dalam bidang sains. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa anak dari negara Belanda, Jepang dan Hongaria mempunyai prestasi tertinggi di dunia. Saat di teliti lebih mendalam ternyata ketiga negara ini memasukkan unsur ini ke dalam kurikulum mereka. Selain itu musik juga dapat menciptakan suasana yang rileks namun waspada, dapat membangkitkan semangat, merangsang kreativitas, kepekaan dan kemampuan berpikir. Belajar dengan menggunakan musik yang tepat akan sangat membantu kita dalam meningkatkan daya ingat.

5. KECERDASAN INTERPERSONAL

Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia orang lain, mengerti pandangan, sikap orang lain dan umumnya dapat memimpin kelompok.

6. KECERDASAN INTRAPERSONAL

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang yang memilki kecerdasan ini sangat menghargai nilai (aturan-aturan) etika (sopan santun) dan moral.

7. KECERDASAN KINESTETIK

Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Kecerdasan ini juga meliputi keterampilan fisik dalam bidang koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan, kelenturan dan kecepatan.

8. KECERDASAN NATURALIS

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Intinya adalah kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam semesta.

Apakah pemerintah memikirkan sampai sejauh ini? Menurut saya dan saran saya, pemerintah harus bisa memperhatikan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak Indonesia. Mungkin dengan penggalian kecerdasan, Indonesia bisa lebih maju dari negara-negara yang berkembang. Bisa saja, Indonesia akan memiliki Mozart atau Beethoven-nya sendiri yg bisa menciptakan lagu-lagu fenomenal. Bisa saja Indonesia memiliki Einsteinnya sendiri. Who Knows? Only God Knows!. Ada kalanya, pemerintah harus bisa berpikir tenang dan berpikir juga dari berbagai arah, dari berbagai sisi kehidupan.

Akhir kisah cinta

Aku putri, usia q 17 thn, kini q kuliah d POLTEKKES DEPKES Bandung, Jurusan ANALIS KESEHATAN...
Memang terbilang muda,, namun kehidupan ku penuh dengan cobaan serta ujian yang menuntun ku tuk jadi lebih dewasa dari usia ku yang sebenarnya..

Selasa, 09 Juni 2009

Kakek n cucuNa d bulan Ramadhan

Kisah seorang kakek:

saat si kakek sedang berpuasa,, tiba - tiba sakit kepala...
dengan paniknya si kakek langsung minum bodrex...

Cucunya bertanya:
" Kakekkan puasa,, kenapaminum obat?"

Si kakek menjawab:
" ITULAH OKENYA BODREX,, BISA DI MINUM KAPAN SAJA."

Dwi n Baskoro

Hai,,
Nama ku dwi...
Orang bilang aku cantik,, kulit ku kuning,, hidungku bungir,, bulu mataku lentik,, bibir ku sehy,,
and mata ku juga indah......


Aku memakai BH berukuran 46,, temen - temen ku bilang,, itu ukuran yang cukup besar tuk anak seusia ku....

Sewaktu kelas 1 SMP dulu aku adalah gadis yang pendiam,, rajin,, dan sopan,, sehingga banyak orang menyukaiku...

Hingga suatu ketika aku mengenal seorang laki - laki yang bernama BASKORO...
Aku mengenalnya sewaktu aku masuk SMA...
Dia sagat baik kepada ku,, aku tak tahu kenapa dia begitu...
Kini aku dan dia bersahabat dekat,, labih dari KEKASIH....


Suatu ketika...
Ketika aku akan bermain kerumah dia,, di perjalanan hujan turun,, sesampainya di rumah baskoro pakaian ku basah kuyup...
Dia menyuruh ku masuk dan kekamar untuk mengganti pakaian ku dengan pakaiannya...
Sewaktu aku berganti, baskoro masuk dan memelukku dari belakang,, kemudian dia mencium ku dan meraba ku, hingga akhirnya dia melucuti pakaian ku,, yang baru saja aku pakai..
Lalu dia mengajakku ke kasur untuk tiduran,, dia membuka selana dan menyodorkan kapsul panjangnya ke muka ku...


Hingga semuanya terjadi,, dan aku taksadarkan diri..
Aku tak tahu apa yang selanjutnya terjadi kepada ku,, yang ku tahu ketika ku terbangun pakaian dalam ku penuh darah dan cairan putih seperti lendir bercucuran di wajah ku...
Lalu aku mencari baskoro ke seluruh penjuru ruangan,, namun tak ku temukan,, dia telah melarikan diri..
Aku bingung apa yangharus aku lakukan selanjutnya,, tak lama ku berfikir aku langsung berlari kedapur mengambil sepucuk pisau dan menusukannya ke perutku....

Tak lama berselang POLISI datang dan menemukan Mayat ku penuh darah dengan sepucuk pisau yang menusuk dipunggung ku....
Kini aku membalas dendam ku kepada Baskoro dan laki - laki bajingan yang tak mau membaca cerita ini demi aku,, untuk menemukan BASKORO.....



BERSAMBUNG...................

Senin, 01 Juni 2009

QUIZT IV

TRY THIS!!!!!!!!!

perintah::

janji jangan liat jawaban di bawah ,, ikuti petunjuknya kamu akan kaget dengan hasilnya,, tapi mikirnya jangan lama" apa yang ada di hatimu saja,, tapi jangan alasan yang coba game ni harapannya akan terkabulkan tapi JANGAN LIAT JAWABANNYA duluan.

petunjuk:
  • Baca dan isi satu persatu petunjuknya
  • ambil pen dan kertas
  • waktu memilih nama,, harus milih yang kenal
  • jangan banyak mikir
  • tulis apa yang ada di kepala kamu
  • kalau kamu gak baca satu persatu,, permohonan kamu gk akan terkabul

SIAAAAAP!!!!!!!!!!!

HERE WE GO!!!!!!!!!!
  1. Tulis angka 1-11 dari atas ke bawah
  2. tulis angka yang kmu suka (1-11) di sebelah angka 1&2
  3. Tulis 2 orang lawan jenismu di no. 3 & 7
  4. Tulis 3 orang dari keluarga, teman dll di no. 4,5,6
  5. Pada 8 - 11, tulis judul lagu yang berbeda
  6. Terakhir Tulis permohonan kamu


Jawaban Psikotestnya.....
  1. beritahu no. 7 tentang psikotes ni
  2. no. 3 orang yang kamu cinta
  3. no. 7 orang yang kamu suka, tapi bertepuk sebelah tangan
  4. no. 4 orang yang paling penting buat kamu
  5. no. 5 orang yang mengerti kamu
  6. no. 6 orang yang bawa keberuntungan buat kamu
  7. no. 8 lagu untuk orang no. 3
  8. no. 9 lagu untuk orang no. 7
  9. no. 10 lagu yang melukiskan hati kamu
  10. no. 11 lagu yang melukiskan hidup kamu

gimana??
dah coba??
gmn hasilnya??
apapun hasilnya ini hanyalah sebuah permainan

QUIZT III

Jika di dunia ada 2 pilihan dan kamu di wajibkan memilih,,
apa yang akan kamu pilih...

A. Dia yang kamu cintai,, tapi
takkan pernah kamu miliki...
B. Dia yang mencintai kamu,, tapi
kamu nggak mencintai dia??



Wajib di jawab...



Jawaban dari temen" :

sigit : A

sam tng : B. coz. KEDEWASAAN

Abie : B. coz. kalo dia cyg abie dai pasti akan selalu ada disaat abie suka,, maupun duka..
pii,,
kalau abie cyg 5 dy belum temtu dia ada disaat abie duka...

Re" : B. coz. yakarena seseorang yang rere cintai tapi gk pernah mencintai rere labih baik rere pilih yang B karena yang dia udah mau mencintai rere cinta,, alasannya bahwa cintanya dia bagi berarti wat rere

QUIZT II

TEST PSIKOLOGIS

1 2 3 4 5

6 7 8 9 10

11 12 13 14 15

16 17 18 19 20



Pilih 3 angka favorit Qm,,,
lalu kirim jawaban Qm,,
lalu lihat jawaban Qm
sesuai dengan arti dari angka" itu...

QUICKLY y...

  1. selalu berfikir positif
  2. pintar
  3. rendan hati
  4. suka jail
  5. bertanggung jawab
  6. sombong
  7. egois
  8. dermawan
  9. bersahabat
  10. rakus
  11. selalau optimis
  12. pemarah
  13. pembohong
  14. cakep
  15. nakal
  16. cerewet/ bawel
  17. maniz
  18. pekerja keras
  19. pemurah hati
  20. negative thinking
Apapun hasilNa anda harus terima....

THAT'S JUST KIDDING.....

QUIZT 1

Kamu pilih apa??
  • ANGIN
  • HUJAN
  • POHON
  • MUSIN GUGUR
  • DAUN

Jawab yang sesuai dengan keadaan hati kamu saat ini.
ntar Q beri tahu artinya....


  • ANGIN = kamu orang ke- 3 dari cinta segitiga
  • HUJAN = kamu mencintai seseorang yang bener" mencintai kamu
  • DAUN = kamu orang yang setia
  • MUSIM GUGUR = kamu orang yang bisa mencintai 2 orang sekaligus
  • POHON = play boy/play girl